KRD Rail Clinic



By : Amar Prasugara


Rail Clinic adalah nama kereta klinik yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia di Jawa dan Sumatera, bertujuan untuk menyediakan pelayanan kesehatan. Pembuatan Rail Clinic ini diprakarsai dari ide Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dengan latar belakang untuk memberi pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia khususnya di bidang kesehatan. Rail Clinic akan memanfaatkan jalur KA untuk dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor.

Dibuatnya Rail Clinic ini juga sebagai salah satu bentuk dari pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) KAI. Proses pengerjaannya sudah dilakukan sejak 10 Oktober 2015 lalu di Balai Yasa Yogyakarta. Pada peluncurannya di 12 Desember 2015, juga dilakukan penyerahan piagam Museum Rekor Indonesia (MURI) oleh pendiri sekaligus Ketua MURI, Jaya Suprana kepada KAI atas keberhasilannya merancang kereta kesehatan pertama yang diproduksi di Indonesia.

Secara bentuk dan pembuatan, Rail Clinic ini merupakan rehabilitasi KRD seri 302 yang tidak lagi dipakai untuk mengangkut penumpang. Pengerjaannya dilakukan di Balai Yasa Yogyakarta, dengan cara memodifikasi interior dan kabin masinisnya serta menambahkan peralatan kesehatan (semua KRD Rail Clinic ini merupakan bekas KRD Bisnis / Patas, sehingga menggunakan kode K2 di penomoran, dan pewarnaan pintu yang berwarna silver metallic). Rail Clinic dijalankan apabila PT KAI akan menyelenggarakan roadshow pelayanan kesehatan di stasiun kecil (Kelas III maupun II) yang letaknya jauh dari puskesmas atau rumah sakit, sementara tidak ada / kurangnya fasilitas kesehatan lain bagi warga di sekitar stasiun.


PC version Download

Android version  Download


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Add-ons Trainz Indonesia

JR 205 series v2

KRL JR 203