MCW 302 Vintage Series


  By : Amar Prasugara


Kereta rel diesel MCW adalah Kereta Rel Diesel Hidraulik (KRDH) kelas eksekutif, bisnis non-AC (berkode MBW), dan ekonomi non-AC yang dioperasikan PT Kereta Api Indonesia, dan telah berpengalaman mengelilingi sebagian besar jalur kereta api di Jawa. Kereta ini, sepanjang kariernya, berpengalaman dinas kereta komuter unggulan PT Kereta Api Indonesia. Kereta ini terbagi menjadi dua tipe, yakni MCW 301 dan MCW 302. Kereta ini hadir bersama KRL Rheostatik generasi pertama. Kereta ini bertenaga diesel hidraulik, karena pada masa itu beban gandar jalur KA Indonesia masih rendah.
Penampilan yang mencolok dari KRD ini adalah tutup semboyan berbentuk "dasi kupu-kupu" yang berada di atas kaca kabin masinisnya. Armada KRD MCW sering dipakai untuk rangkaian kereta api komuter. KRD ini diproduksi oleh Nippon Sharyo Co., Ltd. Awalnya KRD ini menggunakan mesin Shinko DMH17H dan transmisi hidromekanik Niigata-Shinko TCR 2.5 (disebut juga sebagai KRD Shinko-Shinko). Namun beberapa tahun kemudian diubah menjadi Cummins NT 855 R5 serta transmisi Voith T211r.
KRD ini diimpor pada tahun 1981 sampai dengan 1987 dengan jumlah 112 unit dan beberapa di antaranya beroperasi sebagai KRD biasa. Tidak seperti MCW 301, rangkaian ini memiliki tiga pintu pada tiap sisinya dan dilengkapi toilet, meskipun toilet di kereta tersebut kini hampir semuanya dihilangkan. Rangkaian MCW 302 ini sebagian besar masih mampu beroperasi sebagai KRD.

PC version Download

Android version Download

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Add-ons Trainz Indonesia

JR 205 series v2

KRL JR 203